Senin, 05 Januari 2015

HOME INDUSTRI CARA PEMBUATAN TEMPE BESERTA KANDUNGAN GIZI DI DALAMNYA




TUGAS PENGANTAR BISNIS

HOME INDUSTRI
CARA PEMBUATAN TEMPE BESERTA KANDUNGAN GIZI DI DALAMNYA

DI SUSUN OLEH           : GRIESNANDIAZ INTAN PURNAMA
KELAS                            : 1EB32






UNIVERSITAS GUNADARMA
2014/2015

KATA PENGANTAR

Pertama-tama saya mengucapkan Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat rahmat dan hidayahNya saya dapat menyelesaikan tugas mata kuliah “ Pengantar Bisnis”.
Metode penugasan yang diberikan adalah membuat tulisan dengan tema yang telah di tentukan.
Saya menyadari bahwa tulisan yang saya buat masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat saya butuhkan untuk memperbaiki tulisan saya berikutnya. Saya berharap tulisan ini bisa diterima dan digunakan sebagai referensi oleh pembaca.





                                                                                 Bekasi, 5 Desember 2014


                                                                                                                          Penyusun






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................. I
DAFTAR ISI............................................................................................ II

BAB 1
 PENDAHULUAN................................................................................... III
            1.1 LATAR BELAKANG
            1.2 RUMUSAN MASALAH
            1.3 TUJUAN
BAB 2
ISI............................................................................................................. IV
             2.1 ISI
BAB 3
PENUTUP................................................................................................ V
            3.1 KESIMPULAN
            3.2 DAFTAR PUSTAKA







BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG
                Tempe merupakan makanan yang banyak sekali di konsumsi oleh masyarakat. Bahkan tak jarang dari sebagian orang yang menganggap tempe merupakan makanan yang harus wajib di sediakan di meja makan. Tempe terbuat dari kedelai yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah makanan yang lezat dan di sukai oleh banyak orang.


1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana cara pembuatan tempe?
2. Apa saja khasiat dan kandungan gizi dari tempe?


1.3 TUJUAN
            Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Pengantar Bisnis, serta dengan tujuan agar pembaca dapat mengerti tentang cara pembuatan tempe dan mengetahui apa saja gizi yang terkandung dalam tempe.








BAB 2
ISI


2.1 ISI
  • ·         CARA PEMBUATAN TEMPE
            Tempe terbuat dari olahan kacang kedelai yang di campur dengan ragi. Tempe juga merupakan hasil dari fermentasi kacang kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus. Berikut merupakan langkah-langkah dalam pembuatan tempe :
Hal pertama yang dilakukan adalah mencuci kacang kedelai menggunakan air bersih.
Setelah selesai dicuci, rendam kedelai dengan air biasa selama kurang lebih 12-18 jam. Proses perendaman bertujuan agar kacang kedelai menyerap air sebanyak mungkin, sehingga kulit yang menyelimuti kacang kedelai dapat terkelupas. Selain itu proses perendaman juga bertujuan untuk menghilangkan kandungan asam yang terdapat dalam kacang kedelai. Setelah proses perendaman, bersihkan kulit yang sudah terkelupas, kemudian bilas kacang kedelai hingga bersih.
Setelah itu masukkan kacang kedelai ke dalam drum yang sudah di bersihkan, lalu rebus kedelai selama kurang lebih 3 jam atau sampai kacang kedelai melunak. Biasanya, Kacang kedelai di rebus diatas tungku kayu bakar dengan api yang besar.
Setelah proses perebusan, kacang kedelai di angkat dan tuangkan kembali ke dalam tampah, kemudian disinilah terjadi proses pencampuran antara kacang kedelai dengan ragi. Masukan ragi dikit demi sedikit sambil mengadukya hingga merata ke seluruh bagian kacang kedelai.
Setelah proses pencampuran, masukan adonan kacang kedelai dengan ragi tersebut ke dalam pembungkus, apabila menggunakan plastik untuk membungkus, berilah lubang - lubang kecil pada plastik pembungkus. Dan atur ketebalan tempe sesuai selera.
Kemudian sampailah kita pada proses fermentasi. Simpan adonan kedelai yang sudah di bungkus tadi ke dalam rak khusus yang bersuhu hangat selama kurang lebih 2 hari, atau sampai seluruh permukaan tempe diselimuti oleh jamur. Selesai proses ini, tempe sudah sempurna jadi. Sehingga tempe siap untuk di pasarkan.

  • ·         GIZI YANG TERKANDUNG DALAM TEMPE 
           Menurut penelitian, tempe memiliki kandungan gizi yang di sejajarkan dengan kandungan gizi yang terdapat di dalam yogurt. Tempe merupakan sumber protein nabati yang mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di dalamnya dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif. Manfaat tempe bagi kesehatan sangatlah baik, diantaranya tempe merupakan sumber protein, menurunkan risiko serangan jantung, sumber vitamin, mencegah anemia, mencegah diare, serat pangan, dan masih banyak lagi manfaat tempe bagi tubuh.







BAB 3
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
            Berdasarkan dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan tempe di olah melalui beberapa tahap. Di antaranya proses fermentasi kacang kedelai dan jamur Rhizopus oligosporus seperti yang sudah di jelaskan di dalam tulisan. Selain itu tempe juga memiliki kandungan gizi yang tinggi serta baik bagi kesehatan tubuh. Tempe juga dapat di konsumsi untuk semua usia.

3.2 DAFTAR PUSTAKA


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar