Senin, 23 Oktober 2017

CONTOH KASUS ETIKA PROFESI BANKIR




NAMA       : GRIESNANDIAZ INTAN PURNAMA
NPM           : 24214616
KELAS      : 4EB37


CONTOH KASUS ETIKA PROFESI BANKIR



Inong Melinda atau lebih dikenal dengan Melinda Dee adalah mantan Relationship Manger Citigold yang berusia 47 tahun. Malinda Dee memiliki gaya hidup mewah bersama suaminya yang seorang artis bernama Andhika Gumilang. Dalam kasus ini yang terjadi pada tahun 2011, Melinda Dee terbukti melakukan pembobolan dana Citybank. Dalam melakukan aksinya, ia dibantu oleh beberapa orang yaitu suaminya, adiknya, dan suami dari adiknya.

Melinda Dee merupakan seorang karyawati Citibank senior yang sudah mendapat kepercayaan khusus untuk menangani para nasabah yang memiliki deposito di atas Rp500 juta. Namun Malinda Dee menyalahgunakan kedudukannya tersebut dengan memindahkan dana nasabah dengan memalsukan tandatangan nasabah. Dalam aksinya Melinda Dee memberikan blanko kosong untuk ditandatangani nasabahnya. Blanko kosong inilah yang dipakai untuk menarik dana dengan meminta bantuan salah satu bawahannya untuk mentransfer uang tersebut ke empat perusahaannya.

Kejahatan Melinda berakhir pada tanggal 23 Maret 2011 ketika Mabes Polri menangkapnya di kawasan SCBD Jakarta Selatan. Polisi menetapkan Melinda sebagai tersangka setelah mendapat laporan dari beberapa nasabah. Kelurga dan rekannya yang terlibat pun ikut ditangkap karena telah membantu Melinda Dee dalam aksinya.

Dalam putusannya, Ketua Majelis Hakim menyatakan Malinda terbukti secara sah bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana perbankan pasal 49 ayat 1 huruf A UU Perbankan jo pasal 55 ayat 1 jo pasal 65 ayat 1 KUHP. Selain itu dia juga dianggap melanggar pasal 3 ayat 1 huf B UU Pencucian Uang jo pasal 65 ayat 1 KUHP. Melinda juga melanggar Pasal 3 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 65 ayat 1 KUHP. Melinda pun dijerat dengan hukuman 8 tahun penjara dan denda sebesar Rp10 miliar.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar