Senin, 30 Oktober 2017

DIARY PELANGGARAN YANG TERLIHAT SETIAP HARINYA DI LINGKUNGAN SEKITAR TANGGAL 24 – 30 OKTOBER 2017



NAMA       : GRIESNANDIAZ INTAN PURNAMA
NPM           : 24214616
KELAS      : 4EB37



TUGAS SOFTSKILL
DIARY PELANGGARAN YANG TERLIHAT SETIAP HARINYA DI LINGKUNGAN SEKITAR
MINGGU KE-3
TANGGAL 24 – 30 OKTOBER 2017


Ini merupakan tulisan diary pelanggaran saya yang ketiga, yaitu pelanggaran yang terjadi pada tanggal 24 – 30 Oktober 2017. Tulisan ini merupakan tugas terakhir dalam penulisan diary pelanggaran yang di berikan oleh dosen sofskill saya. Berikut merupakan pelanggaran yang saya lihat :
Pelanggaran pertama pada minggu ketiga terjadi pada tanggal 24 Oktober 2017. Pada tanggal itu tepatnya hari selasa, sayamelihat pelanggaran yang terjadi di jalan. Seperti biasa jalan yang saya lewati, yaitu jalan menuju kampus saya. Masih banyak sekali pelanggaran yang sering terjadi di jalan, yang tidak jarang pula pelanggaran tersebut akibatnya dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Pelanggaran berikut adalah mendengarkan musik dengan headset saat berkendara. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya meskipun terkesan biasa, mengapa? Karena ketika mendengarkan musik dengan headset saat berkendara dapat mengganggu konsentrasi kita. Selain itu juga pada saat terjadi sesuatu dan seorang lainnya membunyikan klakson kendaraan mereka, kita tidak dapat mendengarnya. Karna itu pelanggaran tersebut sebetulnya sangat berbahaya.

Pelanggaran selanjutnya yaitu terjadi pada tanggal 25 Oktober 2017. Seringkali kita melihat banyak coretan atau gambar – gambar di dinding – dinding jalan akibat ulah seseorang yang tidak bertanggung jawab. Nah kali ini saya melihat sendiri sekumpulan anak muda laki – laki yang sedang asik mencoret – coret dinding jalan, padahal sudah banyak yang memperhatikan mereka dengan raut penuh kecewa, tetapi tetap saja mereka melakukan pelanggaran tersebut. Karna dinding tersebut yang awalnya terlihat rapih tanpa adanya coretan, kemudian di penuhi dengan coretan sehingga membuat dinding tersebut terlihat tidak rapih lagi. Kecuali jika memang sudah mendapat persetujuan dari pihak yang bersangkutan dan menggambar dengan rapih dan baik, pasti akan terlihat lebih indah dan tidak merugikan pihak manapun juga.

            Pada tanggal 26 Oktober 2017 terjadi pelanggaran lagi. Menurut saya ini juga merupakan pelanggaran yang cukup berbahaya. Saat itu jalan sedang dipenuhi kendaraan yang berlalu lalang. Ketika sedang asik di jalan dan fokus terhadap jalan di depan saya, tiba – tiba ada seorang ibu yang menyebrang tidak pada tempatnya. Seketika saya kaget dan langsung mengerem mendadak. Untung saja tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, dan untungnya kendaraan saya melaju cukup pelan. Seharusnya si ibu menyebrang pada tempat yang sudah di sediakan seperti zebra cross, dan tentunya harus melihat kanan dan kiri agar aman dan tidak membahayakan siapapun.

            Tanggal 27 Oktober 2017. Pelaggaran selanjutnya dilakukan oleh teman sekelas saya (haha), yaitu makan di dalam kelas pada saat dosen menjelaskan. Pelanggaran tersebut memang banyak dilakukan oleh anak jaman sekarang. Meskipun tidak merugikan orang lain, tetapi jika ketahuan bisa saja ia kena omelan dosen, atau bahkan hukumannya disuruh membeli makanan yang ia makan untuk teman sekelas (haha). Tetapi sebaiknya jangan di lakukan, namannya pelanggaran tetap saja tidak boleh dilakukan. Hal tersebut juga terkesan kurang sopan.

            28 Oktober 2017, pelanggaran yang saya lihat berikutnya terjadi di jalan. Yaitu “melewati arah yang berlawanan” entah kenapa banyak yang masih suka melakukan pelanggaran yang sudah sangat jelas akibatnya sangat berbahaya. Saat itu jalanan cukup ramai, ada pengendara motor yang melewati arah yang berlawanan, mungkin karan ia males untuk memutar balik dengan jalur yang dianjurkan karna jaraknya cukup jauh sehingga ia memutuskan untuk memotog jalan dengan melawan arah. Banyak yang membunyikan klakson karna saat itu jam kerja, banyak yang sedang buru – buru dan mengendarai kendaraan dengan sangat cepat. Adanya pengendara motor yang melawan arah tersebut membuat pengendara lainnya kaget dan spontan membunyikan klakson mereka. Jadi saran saya jangan sekali – sekali melakukan pelanggaran tersebut meskipun jalan untuk putar arahnya lumayan jauh, lebih baik tetap patuhi peraturan yang ada demi kebaikan diri sendiri dan orang lain.

Pelanggaran pada 29 Oktober 2017. Saat itu saya sedang mengantri di salah satu tempat makan siap saji. Saat itu antrian cukup panjang, karena kebetulan pada tanggal itu merupakan hari libur sehingga banyak pula yang mengunjungi tempat tersebut. Kemudian setelah beberapa lama saya mengantri ada bapak – bapak yang menyelak antrian di depan saya. Pelanggaran tersebut juga cukup sering terjadi di sekitar kita (haha). Tidak seharusnya begitu karna kita sama – sama membayar dan sama – sama ingin cepat dilayani

            Pelanggaran terakhir terjadi pada tanggal 30 Oktober 2017. Yaitu ugal – ugalan di jalan dengan kecepatan yang tinggi. Pelanggaran ini juga sangat membahayakan banyak orang termasuk diri sendiri bagi yang melakukan pelanggaran tersebut. Apalagi pada saat sedang buru – buru pasti akan ada banyak orang yang melakukan pelanggaran tersebut. Dan pelanggaran tersebut sering terlihat di jam – jam sibuk seperti pada pagi hari saat semua orang mulai melakukan aktivitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar